Misteri Menara Saidah: Sebuah Tinjauan Horor dan Teknis

Berawal di jalan tol yang kosong dan gelap, tiba-tiba ayah saya bercerita. Sembari menunggu Ibu saya dan saya potong rambut di salon, dia membaca buku tentang hantu-hantu di Jakarta. Bagian yang sempat dia baca itu membahas kisah horor Menara Saidah. Gedung perkantoran bergaya romawi 28 lantai yang kosong di Jalan MT Haryono. Kisah ini saya bagi di Twitter agar saya tidak takut sendiri. Entah kisah fiksi atau nyata, sebagai suatu urban legend ini sangat menarik disimak.

Menara Saidah (sumber: Merdeka.com)

Menara Saidah (sumber: Merdeka.com)

Ini rangkuman tweet saya @journalin :

1. Dapet cerita seru soal #menaraSaidah dr buku yg dibaca bokap. Ntr maleman ceritanya, biar serem :))

2. Kisah #menaraSaidah ini ketika masih aktif dihuni. Ada sepasang satpam yg jaga. Di depan pintu ada seorg ibu.

3. Satpam 1 sudah bekerja sejak #menaraSaidah dlm masa pembangunan. Udah punya byk pengalaman buruk.

4. Satpam 2 udah males ngeliat ada ibu di depan pintu #menaraSaidah Disuru satpam 1 yg nganter. “Kan lu sering ‘ktm'” :))

5. Satpam 1 ngecek si ibu. Ktny mau jemput tmnnya yg lembur di #menaraSaidah lt 14. Ok, kakinya napak kok.

6. Masalah sejak awal #menaraSaidah itu liftnya lambat bgt. Sudah sering diperbaiki ga pernah beres. Berdua menuju lt 14.

7. Sepanjang di lift, Ibu itu nanya mulu knp liftnya lambat. Pas #menaraSaidah lt 11, pintu lift tiba2 kebuka.

8. Satpam 1 bingung pas ga ada yg naik di #menaraSaidah lt 11. Si ibu ketawa. Pintu lift ga nutup2.

9. Tiba2 pintu lift nutup, lanjut ke #menaraSaidah lantai 14. Tapi, si ibu sudah ga ada dalam lift. Satpam 1 sendiri.

10. Sampe #menaraSaidah lt 14, Satpam 1 liat titik cahaya dlm salah satu kubikel. Ada suara org ngetik. Dicek.

11. Sampai di kubikel #menaraSaidah lampu tiba2 mati. Ternyata, meja bersuara org ngetik itu ga ada komputer. Kosong.

12. Satpam 1 langsung kabur! Sadar lift lambat, dia pilih turun tangga.darurat #menaraSaidah Modal cahaya dr layar hape.

13. Lelah turun lari2 dr #menaraSaidah lt 14, Satpam 1 istirahat bentar di lt 4. Tiba2 ada bunyi keras dr lantai atas!

14. Suara keras dr arah lantai atas itu langkah orang mengejar Satpam 1 di tangga #menaraSaidah Langsung kabur ke lantai 1!

15. Lega sudah sampai #menaraSaidah lantai dasar. Satpam 1 rehat pegangan besi tangga. Mendadak dingin.

16. Satpam 1 #menaraSaidah mengarahkan cahaya layar hape ke tangannya yg megang besi tangga. Ternyata, megang tangan orang!

17. Satpam 1 #menaraSaidah pingsan! Pas sadar di Puskesmas sama Satpam 2. Bagaimana bisa ditemukan Satpam 2? Wainiii!

18. Pas Satpam 1 lari2 di tangga #menaraSaidah Satpam 2 ketemu sang Ibu tadi keluar menuju lift. Dikejarlah mau nanya.

19. Ibu itu masuk lift #menaraSaidah Tapi, ga lewat pintu lift. Jalan nembus tembok. Satpam 2 tiba2 denger bunyi dentuman.

20. Satpam 2 kabur ke arah asal suara keras itu, tangga darurat #menaraSaidah Ketemu Satpam 1 dlm kondisi pingsan.

21. Wah, survivor nih> RT @listya_rien Hwaaa, itu lantai kantor gw dulu… Spooky emang… *untung ga pernah ketemu :( #menaraSaidah lt 11.

22. Satpam 1 udah sering ktm hantu #menaraSaidah dan dgr byk cerita. Kata paranormal setiap lantai ada “penunggunya”.

23. Katanya “penunggu” #menaraSaidah ini besar2 sehingga liftnya keberatan. Makanya lambat. Skrg kosong pun masih ada cerita.

24. Pas #menaraSaidah udah kosong skrg ini, warga sekitar cerita lampu lantai atas sering tiba2 nyala secara acak.

25. Pengelola #menaraSaidah ktny susah nyari satpam yg mau jaga malam di sana. Tapi, wkt gw lewat mah ada kok yg jaga. Tau deh klo malem.

26. Soal kebenaran hantu #menaraSaidah ini mah tergantung penulis bukunya. Hikmahnya, hindarilah lembur dan begadang*apeu

27. #menaraSaidah di Jalan MT Haryono. Sejak akhir 2007, bangunan ini dikosongkan @yulia_dona

28. Klo menurut berita VIVA news 2011, petugas berjaga di #menaraSaidah pos pengamanan depan. Ga di dalem berarti.

29. Keluarga suaminya. Ownernya Saidah Abu Bakar RT @DianOlive_ mbak, bener gak #menaraSaidah itu punya suaminya artis Inneke koesherawaty?

30. Menurut pengamat perkotaan, Yayat Supriyatna, konstruksi bangunan #menaraSaidah memang bermasalah sejak awal. Miring!

31. #menaraSaidah 28 lantai ini ga jelas nasibnya. Mau dirobohkan atau diperbaiki struktur pondasinya. Sama2 biaya besar.

32. Spekulasi kasus #menaraSaidah itu dr pondasi bangunan miring, lift lambat, smp konflik antar pengelola gedung.

33. #menaraSaidah awalnya 15 lantai. Ganti pemilik jadi 28 lantai. Apa penambahan lantai ini sudah sesuai kemampuan pondasi?

Kekosongan Menara Saidah ini memang menarik diperbincangkan. Kisah misteri yang beredar juga sudah banyak. Cukup ketik search term “menara Saidah” saja sudah bisa masuk ke kisah-kisah horornya. Entah fiksi atau kisah nyata.

Menurut saya, sebaiknya dipastikan masalah konstruksi gedung. Apabila memang bermasalah, sebaiknya segera ditangani. Ini membahayakan karena sekitar gedung banyak pemukiman. Jika suatu saat roboh, tentu bisa mengancam banyak nyawa. Apa sudah pernah ada gedung yang dirubuhkan dengan cara diledakkan di Jakarta? Atau mungkin ada cara lain yang lebih aman. Bagaimana pendapat kalian? :D

About these ads

23 responses to “Misteri Menara Saidah: Sebuah Tinjauan Horor dan Teknis

  1. mgkn krn tllu tnggi gedungnya yg bikin jd keliatan miring tp emg perlu perhatian tuh dr pemerintah setempat mengingat ada aktifitas warga di sekitar menara tsb bisa bikin bahaya jg

    • Iya, perubahan desain awal sama perkembangan yang nambah lantai segitu banyak bahaya. Apalagi sekitarnya perkampungan warga. Mengkhawatirkan ini gedung :(

  2. Horor yaa ceritanya.. Memang harus diperhatikan.tuh kontruksi bangunannya.. Klo di hancurkan dengan cara di bom sih di negara” lain sudah pernah ada.. Tapi klo di jakarta dengan di sekeliling’a banyak rumah penduduk seperti itu.. Nampak’a sulit untuk di hancurkan dengan cara di bom..

  3. kalo menaranya di perbaiki/di perbagus emang ada orang yang mau bekerja di gedung tersebut?apa hantu2nya udah pergi kalo udah di renovasi?:)

    • Pernah ogut jalan kaki dr arah dewi sartika sampe lewatin menara saidah itu siang2 seh tapi pas liat tuh gedong yg terbengkalai udh lama itu dgn beberapa patung romawi yg ukurannya gede emang jadi keliatan ganjil ama unsur mistis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s