#FreeBook Buku Dongeng& Aktivitas untuk Anak Indonesia

*Free book! Short stories for children. Download here.

Buku Dongeng dan Aktivitas untuk Anak Indonesia

Mount Merapi, the most active volcano in Indonesia

Mount Merapi, the most active volcano in Indonesia (Photo credit: Wikipedia)

Buku ini didedikasikan untuk anak-anak yang menjadi korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Ini adalah program amal untuk menghibur dan mendidik anak. Saya terpikir membuat kisa dongeng yang bisa menjelaskan bencana dan membantu kondisi pasca trauma dengan cara yang sederhana. Itu adalah mimpi saya untuk menulis buku anak-anak yang dapat membantu mitigasi bencana di Indonesia (negara ini begitu penuh dengan berbagai jenis bencana).

Saya melihat bagaimana mengerikan efek letusan yang menyebabkan kota ditutupi dengan abu putih. Saya berharap anak-anak akan berkurang traumanya setelah melihat abu putih.

Proyek ini sangat sulit dan juga menyenangkan untuk dilakukan. Saya telah membaca panduan untuk menulis buku anak-anak. Sangat sulit untuk menjelaskan suatu kondisi yang menghancurkan dan kompleks dengan percikan optimisme, terutama untuk anak-anak. Saya terinspirasi oleh buku Marjane Satrapi yang bisa menjelaskan tentang gempa bumi di sebuah cerita yang sangat sederhana, tapi tetap menyenangkan bagi anak.

Mengerjakan proyek ini tetap menyenangkan. Saya merasa tersanjung bahwa saya bisa menulis buku ini bersama seorang penulis terkenal di Indonesia, Clara Ng.

 

Leave a Reply

