#HantuKantoran Ratu Plaza: Misteri Tetua Pemberi Trauma

Teman saya, @13rossy sudah berkali-kali memberi cuplikan misteri gedung perkantoran Ratu Plaza. Setelah perbandingan gedung tua dan muda dari kisah Tempo Scan, akhirnya dia tidak tahan untuk bercerita.

Sekilas tentang Ratu Plaza, gedung ini memiliki sejarah panjang sebagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Pertumbuhan ekonomi yang pesat ditambah peningkatan kemakmuran masyarakat pada 1980-an, membuat pusat perbelanjaan pertama di Jakarta, Ratu Plaza dan Gajah Mada Plaza menikmati masa jayanya.

Dok. Mostly Jakarta

Dok. Mostly Jakarta

Ratu Plaza merupakan hasil perkembangan area Gelora Bung Karno, Senayan. Pada era Yayasan Gelanggang Olahraga Senayan ini, terjadi banyak penyimpangan sehingga kawasan Gelora Bung Karno yang semula luasnya 279,1 hektare ini telah menyusut hingga tinggal 136,84 hektare (49%) saja.

Pemanfaatan 26,7% atau 74,74 hektare disewakan atau dijual untuk berbagai bangunan seperti misalnya kepada Hotel Hilton, kompleks perdagangan Ratu Plaza, Hotel Mulia, Hotel Atlet Century Park (dahulu Wisma Atlet Senayan), Taman Ria Remaja Senayan, Wisma Fairbanks, Plaza Senayan dan berbagai bangunan komersial lainnya.

Dalam perkembangannya, kini Ratu Plaza menjadi pusat perdagangan elektronik terkemuka. Gedung perkantorannya dihuni salah satunya oleh grup media PT. JDFI yang memegang Prambors, Delta FM, dan FeMale Radio. Di sini kisah misteri ini dimulai.

17 Februari 2013

Siaga! @13rossy Ok,let’s start #hantuKantoran di #RatuPlaza !! Cc journalin #memetwit

1.Jadi dulu gw anak intern nya Female/Delta/Prambors Radio.Cuma bentar sih 2,5bln.kantornya dilt 20-an deh #hantuKantoran #RatuPlaza

2.Dari awal dgr crita2 hantu di area sono,tp asal denger.Sampe akhirnya kejadian sendiri ma gue,siang-siang pula #hantuKantoran #RatuPlaza

3.Delta FM & Female FM,beda 1lnt.Jd gue naik turun pake tangga darurat aja.Pas lagi turun tangga,gue denger suara cewe nangis #hantuKantoran

4. Nangisnya sesengukan. akhirnya gw lapor satpam #RatuPlaza #HantuKantoran

5. Gue ama si satpam #RatuPlaza ikutin’ suara tangis,ampe kearah kantor prambors (yg pd wkt itu blm jd) #HantuKantoran

6. qta cek tuh (bakal) kntr Prambors,n kosong.Tp suara tangisnya tmbh kenceng.akhirnya kita ber2 kabor #hantuKantoran #RatuPlaza

7. Trus blm lagi email entranet dan telp intercom,yg dulu suka tiba2 telp,tp ga ada suara. #hantuKantoran #RatuPlaza

8. Di salah satu ruangan direksi #RatuPlaza.keren pandangan sudirman.tapi diruangan itu,ada lukisan cewe #HantuKantoran

9. Lukisan cakep.Tapi bikin merinding.its like a girl being struggled,but smile sadly.seems like alive #hantuKantoran #RatuPlaza

10. 2,5bln disono,tuh direksi kaga prnh dtg.So itu ruangan kantor jadi ga bertuan #RatuPlaza #HantuKantoran

11. Klo siang sih #RatuPlaza ,ok.Klo dah mulai serem,mrinding bok! #HantuKantoran

12. Ga cuma itu diskitaran kantor radio itu.Pernah gw ke Carefour (pd jaman itu),naik lift beda. #RatuPlaza #HantuKantoran

13. di office area #RatuPlaza,ada lift yg nyambung ke carefour (skrg lotte mart).Siang2 naek lift mo balik kantor #hantuKantoran

14. Di dlm lift itu ada gue n 1org modelnya kyk karyawan berdasi,kemeja putih.#hantuKantoran #RatuPlaza

15. Si Cowo itu cuma mojok diem,tatapan kosong.DAN TIBA-TIBA lift macet sodara-sodara!!!! #hantuKantoran #RatuPlaza

16. ‘koq berhenti ya lift ini’ gue ngomong gitu *sambil mencet-mencet OPEN,mencet alarm* *panik mode* #hantuKantoran #RatuPlaza

17. Si cowo itu ttp berdiri-mojok-tatapan kosong. Gue cuma ngilirik kakinya.napak sih! #RatuPlaza #HantuKantoran

18. ttp gue ini udah pencet segala macem tombol lift!! #HantuKantoran #RatuPlaza

19. Gue smpt mikir.Ini bukan hantu,tp apa nih cowo mau apa2in gue… #HantuKantoran #RatuPlaza

20. gue ga brani liat.dia ttp cool-diem-pdhl macetnya lift udh 2mnt-an #HantuKantoran #RatuPlaza

21. Gue kan udah komen2.’Ih ini macet liftnya ya’ ‘gimana ya?’ | tetep tuh cowo diem mematung Щ(ºДºЩ) #hantuKantoran #RatuPlaza

22. Akhirnya pintu lift kebuka,gue langsung lari kabor! Gue kyknya yakin,tuh cowo bukan manusia! Щ(ºДºЩ) #hantuKantoran #RatuPlaza

23. Jadi intinya,tangga darurat ga aman,lift juga #memetwit #hantuKantoran #RatuPlaza

24. cukup 2,5bln disono.ga bisa bayangin klo gue ngantor ttp yang hrs pulang malem2 #RatuPlaza #hantuKantoran

25. banyak dpt crita2.tapi bukan gue yg ngerasain.ya macem2,dr lift yg macet,tamu cewe yg tiba2 ilang #hantuKantoran #RatuPlaza

26. that’s my ghost story of #hantuKantoran #RatuPlaza -Boleh dishare,klo yg sama2 ngerasain.Maklum ye,itu gedung lama juga

27. Nah itu cerita #hantuKantoran @13rossy di #RatuPlaza Pasti anak @Prambors lebih nestapa lagi gangguan misterinya ye

Datanglah teman saya, @missHOTRODqueen yang suka siaran di gedung itu juga:

28. #RatuPlaza ngehe’ seremnya. Toilet lt.19(Female)bikin merinding, bahkan pagi/siang hari.

Dijawab @13rossy:

29. gue slalu ngerasa serem di area Delta FM.ntah krn lebih ayem diem suasana bapak2

30. haha maksud gue,di delta keadaannya lebih serius,drpd female yg msh santai

Ini calon korbannya! Mari tertawakan bersama, @rikigede :))) :

31. ngepet. dan gue akan pindah ke lantai 5nya #RatuPlaza akhir bulan ini

Akhirnya @13rossy menutup malam:

32. Ok udah ah horor-horor an Щ(ºДºЩ) *nyalain-semua-lampu-dirumah*

Tenang saja, dia tidur nyenyak kok katanya.

Kisah horor Ratu Plaza memancing ide @spitndroll:

Gimana kalo next edisi #Sarinah banyak temen2 punya cerita seru pastinya 🙂 #hantuKantoran @wahyuacum

Ditanggapi manis oleh @missHOTRODqueen:

Kalau Sarinah sih bukan mainnn.Dari kantornya sampai ke pertokoannya 😀

Bagaimana kisah #hantuKantoran selanjutnya? Apakah misteri yang tersimpan di pusat perbelanjaan Sarinah dan gedung di dekatnya, Wisma Kosgoro? Nantikan blogpost selanjutnya!*keluar asap kemenyan

6 responses to “#HantuKantoran Ratu Plaza: Misteri Tetua Pemberi Trauma

  1. nih saya punya cerita asli yg saya alami di area ratu plaza saya mantan security tempat itu .saat itu jam 12 analam.lah .saya dari arah blok m karena saya lagi bagian tugas jadi patrol mengawasi pekerja security.biasanya saya jiga kenagian jaga area itu ratu plaza.saat saya dan beberapa tan masuk ke ratu plaza jelas saya masih melek.dan saat kendaraan ke arah pojok dekat apartemen nya bagian parkir yg sebelah pojok dekat pintu masuk yg berlawanan arah dengan pintu office .kami masuk dari pintu yg arah office terus jalan melewati office lalu sampai di pojok.saat mobil mau mundur saya bilang stop ada kursi .lalu teman keluar dan ambil kursi .dalam keadaan sadar tiba tiba saya merasa di tempat gelap sekali dan saya tahu ada makjluk pada ngrubung saya sepertinya mau dekat karena saya bingung mau lari kemana karena gelap …saya ciba teriak allaohu akbar berulang ulang.tiba tiba saya serasa ada yg pegang dan badan pyar seperti ada strum …langsung saya kaget dan terbangun .saya heran lo barusan kan saya melek sadar biasa .ternyata yg pegang saya teman saya saat membangunkan saya karena saya seperti ngigau …dan reman berkata …lo kamu tadi kan barusan bicara kok tiba tiba tidur ngigau ..lalu saya jawab…lo saya juga aneh sendiri….lalu ada teman security lama bilang kamu kalau di area sini jangan melamun apakgi malam hari …apa yg kamu alami tadi berhaya lo …lain kalai kalau malam ke sini banyak dzikir …maaf aku juga lupa kasih tahu hal ini

Leave a Reply

