#TravelioMore : Trik Hemat Menawar Hunian Liburan

Saatnya merencanakan liburan hemat akhir tahun dengan kode diskon 40 persen ini. Melupakan cara lama pesan hotel online, kini bisa menawar apartemen, villa, dan rumah. 

Setelah lama meninggalkan Indonesia untuk belajar ke Inggris, saya perlu rehat sebentar untuk melihat kembali keindahan tanah air. Banyak hal yang saya rindukan dari tanah air; makanan, pemandangan alam, matahari tropis, dan tentunya orang-orangnya.

Beberapa waktu lalu saya sempat diwawancara untuk merekomendasikan tempat liburan di Indonesia untuk orang Inggris. Waktu itu terpikir Bali dan Flores. Tapi, teater boneka idola saya, Papermoon Puppet Theatre mengumumkan akan mengadakan Pesta Boneka #5. Saya juga bisa bareng teman yang akan meliput festival film 11th Jogja-Netpac Asian Film Festival. Teater dan festival film, langsung saja Yogya jadi destinasi pilihan!

Saya biasanya menempatkan penginapan dalam daftar terakhir anggaran liburan. Karena saya bisa tidur di tempat seburuk apapun asal hemat. Tapi, kali ini saya mau memanfaatkan liburan ini untuk semedi menulis refleksi akhir tahun. Ingin menyepi sejenak di tempat yang cantik dan tenang. Saya sengaja mencari hunian dengan kolam renang outdoor karena selama di Inggris saya belum pernah berenang di kolam renang. Hanya sekali berenang, itu pun di pantai daerah Cornwall menunggu musim panas.

Berhubung ada kode diskon 40 persen, saya mencoba Travelio.com. Website ini menawarkan penyewaan apartemen, rumah, villa, dan lainnya dengan lebih dari 12.000 hunian secara harian/ mingguan/ bulanan di kota besar negara Asia Pasifik. Diskon ini berlaku untuk penawaran apartemen, rumah, dan villa. Website ini seperti menggabungkan pesan hotel dengan airbnb. Pilihan huniannya juga menarik, sangat bagus untuk pilihan akomodasi liburan keluarga atau kelompok besar karena bisa sewa apartemen, sewa rumah, atau sewa villa. Enaknya akomodasi semacam ini, bisa lebih punya privasi, bisa berbagi ruang, dan kadang bisa masak sendiri biar lebih hemat.

Fitur Travelio.com yang bikin penasaran itu menawar. Biasanya menawar untuk beli barang di Ebay. Ternyata, bisa juga untuk sewa villa. Layaknya menawar barang, saya menaikkan harga pelan-pelan. Ini strateginya:

Tentukan hunian apartemen, rumah, atau villa incaran sesuai anggaran.

screen-shot-2016-11-23-at-13-57-19

Studio Room at Seturan Raya Apartment (Travelio.com)

 

Lihat batas strategis untuk menawar ditandai area kuning. Tapi, boleh juga mencoba melewati batasnya. Mungkin beruntung. Sayangnya, seringkali tidak.

screen-shot-2016-11-23-at-10-52-23

Kalau menawar afgan alias sadis, nanti si ikon singa Travelio.com menangis. Lucu juga sih ini.

screen-shot-2016-11-23-at-10-29-08

Mainkan angka dari belakang dulu, baru naikkan angka depan. Perlu kesabaran dan penasaran. Seru juga lho seni menawar ini. Ingat, batas menawar hanya 20 kali sehari. Saya pernah sampai lewat, lalu harus menunggu sehari untuk bisa menawar lagi. Coba juga bandingkan harga dengan website lain. Ternyata, memang lebih murah.

Sialnya, apartemen dengan kolam renang rooftop yang saya pesan ternyata sudah penuh. Keluhan ini saya sampaikan kepada CS, responnya sangat cepat. Kode diskon dan tagihan kartu kredit saya aman, sudah dibatalkan.

screen-shot-2016-11-23-at-14-37-02

Pilihannya, sewa apartemen di kota atau melipir sedikit sewa villa di pinggiran Yogya, Bantul. Setelah membandingkan dan bertanya rekomendasi teman, pilihan lebih condong kepada sewa villa di Bantul. Pemandangannya memang cantik! Saya mengecek lokasinya, ternyata ada navigasinya di Google Maps. Sepertinya mudah diakses dengan taksi atau ojek dari stasiun.

Siapkan kode diskon 40 persen atau maksimal Rp300.000 ini untuk dimuat sebelum pembayaran: LIOMOREI79YQQ50. Yay, sudah ditawar masih dapat diskon lagi!

Kode diskon ini berlaku sekali hingga 15 Desember 2016 pukul 23.59 WIB untuk pelanggan yang telah registrasi.

screen-shot-2016-11-24-at-10-33-59

Pada keterangan hunian Blue Garden Yogyakarta di Travelio.com, ada rekomendasi tempat wisata alam Bantul yang terdekat dari tempat ini. Ternyata, Bantul juga banyak lokasi syuting nostalgia Rangga dan Cinta dalam film AADC2, seperti Sate Klathak Pak Bari, Pantai Parangtritis, dan Padepokan Pak Bagong Kussudiardja. Lokasi puncak perayaan Pesta Boneka #5 juga diadakan di Desa Kepek, Bantul.

screen-shot-2016-11-29-at-11-32-01

Deluxe King Room at Blue Garden Yogyakarta With Paddy Field and Pool View (Travelio.com)

Setelah membeli tiket pertunjukkan Pesta Boneka #5, semalam saya dapat konfirmasi ikut workshop Life in Materials oleh seniman boneka multimedia, Tim Spooner dari UK. Selain nostalgia Yogya juga belajar lagi dengan British people 😀

Silakan menuju Travelio.com dan ambil diskon 40 persen atau maksimal Rp300.000 untuk sewa apartemen, sewa rumah, dan sewa villa dengan kode ini:

LIOMOREI79YQQ50

Mari berlibur ke Yogya! [ADV #Traveliomore Blog Competition]

Leave a Reply

